Tips Mengatur Waktu
Kehidupan kita ini punya banyak aspek. Kita sebagai murid yang harus belajar. Kita sebagai anak yang harus punya waktu buat orang rumah.

Kita sebagai anggota persekutuan yang punya komitmen untuk mengurus persekutuan. Kita juga butuh waktu untuk olahraga dan istirahat. Belum lagi demi pengembangan diri, kita perlu menyalurkan hobi. Dan lain-lain. Banyak banget, ya. Karena kita ini bukan robot yang siap diprogram, maka kita harus bisa mengelola waktu yang kita punyai. Dengan begitu kita tidak diperbudak oleh rutinitas kebutuhan pribadi yang lain, dan juga enggak kehilangan waktu untuk having fun. Caranya:

* Pikirkan hal-hal yang menjadi keinginan besar. Misalnya dalam semester ini. Kita ingin mengembangkan hobi fotografi dengan praktik langsung di luar kota, ingin masuk ke kepanitiaan Natal, ingin ikut bimbingan belajar, ingin kursus bahasa Inggris, dan lain-lain.

* Pikirkan hal yang menjadi program bulanan. Misalnya kita sebagai pengurus harus mencari pembicara tamu untuk persekutuan sekali sebulan. Kita harus berenang minimal sekali sebulan. Kita perlu liburan sekali sebulan, dan lain-lain. Buatlah evaluasi dan rencana setiap bulan.

* Pikirkan yang menjadi rutinitas mingguan
Misalnya kita harus belajar materi pelajaran, ulangan, ke persekutuan, harus senam, harus membersihkan kamar mandi seminggu sekali.

* Tuangkan agenda kita ini dalam kalender tahunan
Itu lo, kalender yang tiap kolomnya ada tempat khusus untuk mencatat. Catatlah kegiatan yang sudah pasti. Kita akan melihat bagian-bagian mana yang sudah padat dan banyak menghabiskan energi, serta membuat kita stres. Kita juga bisa melihat kapan saja punya waktu lowong.

* Lakukan dengan fleksibel
Hidup kita ini dinamis. Jadi bila memang ada hal yang lebih penting, kita harus fleksibel. Misalnya jika untuk belajar rasanya sudah jenuh banget, maka kita bisa melakukan aktivitas yang membuat kita segar. Misalnya kalau waktunya pendek, kita bisa berenang sebentar. Atau kalau punya waktu sehari, bisa saja kita berlibur dulu. Namun dengan catatan, apa yang sudah menjadi rencana harus tetap dilaksanakan. Begitu juga kalau tiba saat jatahnya bimbingan belajar, di sekolah kita ada tamu siswa asing. Jangan tinggalkan kesempatan emas untuk berbagi pengalaman dengan siswa asing ini. Bolos bimbingan belajar sekali tidak apa-apa. Yang penting kita harus menebusnya dengan menguasai materi bimbingan.


0 komentar:

What do you think about my blog???

Sobre a Felicidade

About This Blog

blog que ni berisi tentang segala macam posting yang q isi.Jadi temen-temen gak usah comment klo blog que jelek.Huehehehehe....:))

Pernak pernik..... 2008 © Blog Design 'Felicidade' por EMPORIUM DIGITAL 2008

Back to TOP