MENGOPTIMALKAN KERJA OTAK
Menyuruh otak bekerja.Otak ibaratnya adalah otot di tubuh kita, semakin sering kawan KAMERA menggunakan sang otak maka ia akan semakin terlatih.

Misalnya pas kamu belajar nih kawan, Mr. Brain/Miss Brain bakalan bikin koneksi baru di dalam otak. Dari hasil penelitian, kegiatan belajar mampu meningkatkan aliran darah ke otak yang juga meningkatkan frekuensi kegiatan otak. Jadinya bila otak sudah lama tidak digunakan untuk mempelajari hal-hal baru, maka otak akan kehilangan sensitivitas koneksi yang mengakibatkan kesulitan untuk mengingat-ingat atau belajar.

Teori ini dibuktikan dengan studi pada tikus-tikus percobaan yang mengalami penuaan. Tikus yang dibiarkan hidup mudah tanpa ada tantangan baru memiliki berat otak yang lebih ringan dibandingkan dengan tikus yang dipaksa untuk menerima informasi baru guna mendapatkan makanan. Konklusinya, belajar hal-hal baru mampu meningkatkan kepadatan dan berat otak. Seperti yang Bapak Albert Einstein pernah katakan kawan, apabila seseorang belajar selama 15 menit sehari dalam waktu setahun maka ia akan menjadi seorang ahli. Dan apabila dilanjutkan selama lima tahun, ia akan menjadi pakar taraf nasional (inti: belajar itu sehat! red.).

Bercinta untuk otak
Menurut Dr. Cutler (psikiater, red.), kedekatan emosi dan keintiman bisa menjadi faktor paling berpengaruh dalam aspek bercinta yang baik. Studi terhadap otak yang dilakukan UCLA, menggambarkan bahwa turunnya level hormon estrogen berkaitan dengan turunnya aktivitas otak dan daya ingat. Salah satu cara untuk meningkatkan level hormon estrogen adalah dengan hubungan seks yang juga berarti dapat meningkatkan kegiatan otak serta daya ingat. Metode ini sebaiknya jangan dilakukan kawan remaja yang belum mengetahui konsekuensinya ya.

Mengembangkan "keharmonisan otak"
Maksudnya adalah memiliki badan yang relaks namun pikirannya masih tajam. Bingung? Begini loh kawan, seperti halnya pas kamu dengerin konser musik: badan kamu relaks tetapi otak kamu tetap alert. Untuk mencapai harmonisasi tersebut, kamu memerlukan relaksasi dan fokus. Relaksasi ini bisa dicapai dengan bernafas melalui diafragma atau perut. Ini merupakan metode pernafasan yang paling efisien. Latihan paling gampang adalah dengan berbaring di lantai lalu letakkan sebuah buku di atas perut kamu. Ketika kamu menarik nafas, buat buku itu naik sebaliknya ketika menghembuskan nafas, buat buku itu jatuh.

Latihan selanjutnya adalah untuk meningkatkan konsentrasi, kamu bisa membuat otak kamu semakin alert dengan memanfaatkan musik yang kamu dengarkan. Musik yang dinilai para pakar memiliki efek paling positif adalah musik klasik, para mahasiswa yang diminta untuk mendengarkan sonata Mozart, mengalami peningkatan 10% kecerdasan virtual-ruang. Sedangkan mahasiswa yang memainkan alat musik rata-rata nilainya lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak memainkan alat musik.

Teknik lain untuk meningkatkan fokus adalah dengan membuat catatan di secarik kertas dengan topik-topik yang diinginkan. Misalnya kesehatan fisik, keuangan, hubungan dengan pacar, dan sebagainya. Tulis topik-topik tersebut dan disampingnya tulis pula apa yang kamu ingin capai atau dapatkan dari topik-topik tersebut. Contohnya di samping kesehatan fisik, kamu tulis ingin bisa jogging 1 km. Sesudah itu, buatlah beberapa lembar kopi dari catatan kamu dan tempelkan di lokasi-lokasi strategis yang mudah dilihat. Setiap kali kamu baca catatan tersebut tanyalah dirimu apakah yang kamu lakukan sudah membantu kamu untuk mencapai target kamu atau sebaliknya.


0 komentar:

What do you think about my blog???

Sobre a Felicidade

About This Blog

blog que ni berisi tentang segala macam posting yang q isi.Jadi temen-temen gak usah comment klo blog que jelek.Huehehehehe....:))

Pernak pernik..... 2008 © Blog Design 'Felicidade' por EMPORIUM DIGITAL 2008

Back to TOP